Tuesday, May 17, 2011

6 Tips menjaga Agar jantung anda tetap sehat

   Bila jantung berhenti berdenyut hanya dalam beberapa menit saja, diikuti berhentinya sirkulasi darah, maka hidup kita yang berharga ini pun akan berakhir. Itu sebabnya mengapa sangat ditekankan pentingnya pencegahan penyakit jantung dan pembuluh darah.


Semua orang tentu ingin sehat, untuk menjaga kesehatan jantung  kita dapat menerapkan beberapa tips di bawah ini :


1. Kurangi makanan berlemak jenuh tinggi.
             Lemak jenuh mudah diubah menjadi “kolesterol jahat” yang berisiko menimbulkan penyakit jantung koroner. Anda harus mencermatinya.
Kulit unggas, daging merah/ sandung-lamur dan susu murni mengandung banyak lemak jenuh. Perbanyak makan seafood yang kaya omega-3 dan sayuran/buah-buahan  yang kaya akan serat dan vitamin. 
Pilih susu rendah lemak.


"Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) mesjid, makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan[535]. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan". ( Al A'raaf 7 : 31 )


[535] Artinya : Janganlah melampaui batas yang dibutuhkan oleh tubuh dan jangan pula melampaui batas-batas makanan yang dihalalkan .


2. Kurangi porsi garam.
            Bila Anda memiliki tekanan darah tinggi, waspadai makanan yang mengandung garam dan MSG tinggi. Gantilah snack seperti kacang bawang, kripik, roti kering yang asin dengan snack rendah garam.

3. Berolah raga setiap saat.
           Pilih naik tangga dibandingkan naik lift. Parkir kendaraan Anda lebih jauh agar Anda dapat berjalan kaki lebih lama. Kerjakan sebagian pekerjaan rumah yang biasa diserahkan pembantu, seperti mengepel lantai atau mencuci kendaraan. Sempatkan berjalan-jalan santai sekedar keliling kompleks dengan keluarga.

Usahakan 1 minggu sekali Berolaraga dan Relaksasi ( grounding ) "Kumara" .

4. Mengatur kenaikan Berat badan.
        Jaga berat badan Anda agar tidak kegemukan. Bila Anda saat ini kegemukan, ikuti program yang secara bertahap dapat menurunkan berat badan Anda. Obesitas membuat Anda lebih rentan terhadap banyak penyakit.

Jantung

5. Monitor tekanan darah dan tingkat kolesterol.

           Lakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala untuk mengukur tekanan darah dan kadar kolesterol dalam darah Anda. Hipertensi seringkali hadir tanpa disadari, sehingga sering disebut “silent killer”.



6. Hindari stress.
           Stress yang tinggi meningkatkan risiko serangan jantung. sediakan waktu untuk bersantai, perbanyak bergaul dengan orang lain yang membuat Anda gembira dan sejenak melupakan beban hidup. Istirahat secukupnya... Baca juga Tips hindari strees 



Consultasi Tips Heath online Via Yahoo
kumara.indonsia@yahoo.com